Saturday, August 20, 2011

Tunda Perawatan setelah Persalinan

KELUHAN selama hamil tidak hanya berkaitan dengan kebugaran. Kulit wajah dan leher pun kadang merasakan efeknya. Pada pertengahan trimester kedua, mulai timbul flek-flek hitam (melasma), jerawat, bahkan kadar minyak yang meningkat di wajah.
Itu semua disebabkan oleh aktivitas hormonal ketika bunda mengandung. Produksi hormon estrogen dan progresteron meningkat secara signifikan sehingga memengaruhi pembentukan melanin stimulating hormon (MSH) yang mempermudah pigmentasi. Sementara itu, hormon androgen memicu produksi minyak. Bunda tidak perlu khawatir karena perubahan tersebut bersifat fisiologis dan tidak berbahaya. "Itu semua normal terjadi pada bunda hamil," kata dr Any Widhyasti Bandem SpKK MKes. "Karena penyebabnya murni hormon, flek hitam maupun minyak berlebih itu akan hilang setelah persalinan ketika aktivitas hormon kembali normal," lanjut spesialis kulit dan kelamin Surabaya Skin Center itu.
Tidak bisa dimungkiri, flek bisa sangat mengganggu penampilan. Karena itu, tak jarang bunda melakukan perawatan yang cukup ekstrem demi menghilangkan flek tersebut. Misalnya, terapi laser. Padahal, itu tidak dianjurkan. "Selalu ada risiko. Perawatan semacam itu berbahaya buat janin," tuturnya.
Untuk mengurangi efek melasma, lebih baik bunda mengenakan lotion atau sunblock ber-SPF tinggi. Sebab, matahari juga berpengaruh memicu MSH. Tunda perawatan berat setelah melahirkan.

No comments:

Post a Comment